3 Fokus Koalisi Jokowi-Ma’ruf Bidang Pendidikan Tahun 2019

10 views
Kartu Indonesia Pintar Jokowi

Jokowi membagikan Kartu Indonesia Pintar

Akcaya.com - Koalisi Jokowi-Ma'ruf akan memfokuskan 3 bagian penting dalam bidang pendidikan. Hal ini di ungkapkan oleh Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago pada jumat (9/11). Berikut ini adalah Program Pendidikan yang akan di prioritaskan pada tahun 2019:

1. Bagi yang tidak memiliki pendidikan formal yang cukup, Kemenaker siapkan balai latihan di seluruh Indonesia

"Untuk yang terlanjur tidak memiliki pendidikan formal yang cukup, Kemenaker juga sudah merevitalisasi balai latihan kerja di seluruh Indonesia. Juga membangun 1.000 balai latihan kerja komunitas untuk pesantren agar anak-anak di pesantren juga mendapatkan skill tambahan," kata Irma.

Sementara, bagi yang terlanjur tidak memiliki pendidikan formal, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) telah melalukan revitalisasi balai latihan di seluruh Indonesia. Sehingga, mereka yang tidak memiliki pendidikan formal, bisa berkreasi melalui kemampuan mereka.

2. Jokowi akan fokus pada pengembangan SDM dan target pendidikan terendah di SLTA

Irma menjelaskan "Tahun 2019 ini Pak Jokowi fokus pada pengembangan SDM termasuk pendidikan di dalamnya. Dengan demikian, tingkat pendidikan terendah yang ingin dicapai adalah SLTA,".

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago, mengungkapkan bahwa pada 2019, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM), termasuk di dalamnya adalah pendidikan. Dan targetnya, tingkat pendidikan terendah di Indonesia adala SLTA.

3. Program Indonesia Pintar akan ditingkatkan di 2019

Irma menambahkan "Kementerian pendidikan meningkatkan anggaran untuk Program Indonesia Pintar, agar makin banyak anak-anak yang bisa sekolah dengan aman sampai minimal SLTA,".

Untuk mencapai target tersebut, selama pemerintahan Jokowi sendiri, ia sudah membuat Program Indonesia Pintar (PIP). PIP adalah program prioritas Jokowi dalam sektor pendidikan. Di dalam program tersebut, Jokowi telah menyiapkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk membantu anak keluarga tidak mampu agar bisa bersekolah. Program tersebut, akan dilanjutkan di tahun 2019.

Tags: #Jokowi - Ma'ruf #Kartu Indonesia Pintar #Kartu indonesia pintar jokowi #Program Jokowi ma'ruf #program pendidikan jokowi 2019