Amalan Puasa Ramadhan yang baik

14 views
Amalan Puasa Ramadhan yang baik

Ustad Abdul Somad

Amalan Puasa Ramadhan yang baik adalah salah satu perbuatan yang dapat mendatangkan pahala dan manfaat untuk kita yang hidup di dunia yang fana ini. Berikut ini adalah Amalan puasa ramadhan yang baik:

1. Berziarah

Mengirim doa untuk mereka yang sudah meninggal sering jadi budaya. Kirim dongo poso yaitu mengirim doa untuk leluhur sekaligus bertawasul kepada mereka semoga diberi keselamatan. Seperti halnya yang dilakukan oleh umat muslim khususnya warga NU, sudah sejak dari dulu warga NU selalu merutinkan membaca surat yasin di setiap malam jum’at. Tujuannya yaitu untuk mengirim doa dengan membaca surat yasin, dzikir, dan doa khusus. Dengan harapan pahalanya disampaikan kepada orang yang sudah meninggal tersebut. Mendoakan orang yang sudah meninggal dengan surat yasin bisa dilakukan ketika tahlilan atau pun setiap malam jum’at. Apa bedanya antara keduanya, tidak ada bedannya. Hanya aja saat tahlilan umumnya dibaca secara berjamaah. Sedangkan, membaca yasin dengan niat mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal pada malam jum’at, bisa dibacakan sendiri ketika selesai shalat maghrib.

2. Saling memaafkan

Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan sebaiknya membersihkan diri. Saling memaafkan pada sesama umat muslim terutama keluarga, tetangga dan teman-teman.
hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (3/192) dan Ahmad (2/246, 254). Ternyata pada kitab Shahih Ibnu Khuzaimah (3/192) juga pada kitab Musnad Imam Ahmad (2/246, 254) ditemukan hadits berikut:

عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رقي المنبر فقال : آمين آمين آمين فقيل له : يارسول الله ما كنت تصنع هذا ؟ ! فقال : قال لي جبريل : أرغم الله أنف عبد أو بعد دخل رمضان فلم يغفر له فقلت : آمين ثم قال : رغم أنف عبد أو بعد أدرك و الديه أو أحدهما لم يدخله الجنة فقلت : آمين ثم قال : رغم أنف عبد أو بعد ذكرت عنده فلم يصل عليك فقلت : آمين قال الأعظمي : إسناده جيد

“Dari Abu Hurairah: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam naik mimbar lalu bersabda: ‘Amin, Amin, Amin’. Para sahabat bertanya : “Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?” Kemudian beliau bersabda, “Baru saja Jibril berkata kepadaku: ‘Allah melaknat seorang hamba yang melewati Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan’, maka kukatakan, ‘Amin’, kemudian Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada mereka berdua)’, maka aku berkata: ‘Amin’. Kemudian Jibril berkata lagi. ‘Allah melaknat seorang hambar yang tidak bershalawat ketika disebut namamu’, maka kukatakan, ‘Amin”.” Al A’zhami berkata: “Sanad hadits ini jayyid”.

Tags: #Amalan Puasa Ramadhan yang baik