manfaat avokad ciri dan jenisnya

18 views

Avokad yang dalam bahasa latin Persea gratissima Gaerth berasal dari dataran rendah dan tinggi Amerika Tengah. Tanaman ini diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Pada rentang tahun 1920-1930, Indonesia telah mengintroduksi 20 varietas avokad dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul secara resmi.

avokad

Ciri-ciri

Varietas avokad unggul di Indonesia memiliki ciri-ciri diantaranya produktivitas tinggi. toleran terhadap hama dan penyakit, buah seragam berbentuk oval dan berukuran sedang, daging buah berkualitas baik dan tidak berserat, berbiji kecil melekat pada rongga biji, serta kulit buah licin.

Varietas jenis avokad di pasaran

Banyak jenis dari avokad ini, akan tetapi yang cukup populer tidaklah begitu banyak. contoh jenis yang populer seperti avokad mentega, avokad hijau panjang dan avokad hijau bundar. Avokad hijau panjang dan hijau bundar telah ditetapkan sebagai varietas avokad unggul oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Lokasi Penanaman dan bibit di Indonesia

Avokad bisa ditemukan di seluruh daerah di Indonesia. Daerah-daerah penghasil utama avokad di antaranya Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara.

Varietas Unggul

Hingga kini ada sepuluh varietas avokad unggul nasional yang telah dilepas, diantaranya hijau bundar, hijau panjang, YM Lebak, Mega Murapi, Mega Paninggahan, Mega Gagauan dan feurtindo.

1. Varietas Hijau Panjang

Avokad hijau panjang termasuk varietas yang rajin berbuah. Bentuknya seperti buah pir (pyriform) dengan ujung tumpul dan pangkal meruncing. Panjangnya11,5-18 cm dan berdiameter 6,5-10 cm. Kulit buahnya berwarna hijau kemerahan dengan permukaan licin, berbintik kuning dan memiliki ketebalan 1,5 mm. Daging buahnya tebal(sekitar 2 cm), berwarna kuning, rasanya gurih dan bertekstur agak lunak. Berat buah 0,3-0,5 kg dengan produksi 40-80 kg perpohon pertahun atau rata-rata 50 kg.

2. Varietas Hijau Bundar

Buah avokad ini berbentuk lonjong (oblong) dengan ujung bulat dan pangkal tumpul. Panjang buah sekitar 9 cm dengan diameter 7,5 cm, Berat buah 0,3-0,4 kg. Tebal kulit buah 1 mm dan berwarna hijau tua saat matang. Permukaan kulit buah licin dan berbintik kuning. Sementara itu, daging buah berwana kuning kehijauan dengan tebal sekitar 1,5 cm. Setiap pohon bisa menghasilkan 20-60kg per tahun atau rata rata 30 kg. Produksi buah berlangsung sepanjang tahun.

 

 

Tags: #avokad