Bingka takjil khas banjarmasin

28 views

Bingka banjarmasin sudah terkenal, berbagai macam variasi resep telah dibuat. Rasanya sangat manis, lemak, dan lembut. Bingka merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue untuk acara-acara istimewa seperti pernikahan. Meski dapat ditemukan sepanjang tahun, bingka menjadi primadona pada bulan Ramadhan karena dianggap cocok berbuka puasa.

bingka banjarmasin

Berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis merupakan sunnah, selain itu juga nikmat berbuka dengan makanan yang manis. Di kalimantan selatan terutama kota banjarmasin banyak pasar ramadhan yang menjual berbagai kue khas banjarmasin. Jika anda ingin takjil dengan menu khas banjarmasin bisa membeli kue bingka banjarmasin atau membuatnya menggunakan resep bingka yang bisa anda dapatkan di internet.

Dari sumber tribunnews dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata takjil (ta’jil) berarti mempercepat (dalam berbuka puasa). Kata takjil berakar dari kata ‘ajila dalam bahasa Arab yang memiliki arti menyegerakan. Dengan kata lain, takjil bermakna untuk menyegerakan berbuka puasa. Bukan hidangan yang disajikan saat berbuka puasa. Akan tetapi istilah takjil berhubungan dengan menu makanan ringan seperti kue sudah melekat erat pada masyarakat Indonesia, demikian juga kota banjarmasin.

Tags: #bingka #bingka banjarmasin #takjil khas banjarmasin