Biografi Joko Widodo

7 views

Joko Widodo

Ir. H. Joko Widodo (lahir Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961), juga dikenal sebagai Jokowi, adalah seorang politikus Indonesia yang merupakan Presiden Indonesia ke 7 dan sekarang. Dipilih pada Juli 2014 sebagai presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari latar belakang politik atau militer elit, ia sebelumnya adalah Walikota Surakarta dari 2005 hingga 2012, dan Gubernur Jakarta dari 2012 hingga 2014.

Ia mencapai keunggulan nasional pada tahun 2009 untuk karyanya sebagai Walikota Surakarta. Seorang anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), ia adalah kandidat untuk pemilihan gubernur DKI Jakarta 2012, bersama Basuki Tjahaja Purnama (sering dikenal sebagai Ahok) sebagai pasangannya. Mengalahkan pejabat Fauzi Bowo, ia menjabat pada bulan Oktober 2012 dan menghidupkan kembali politik Jakarta, dengan kunjungan-kunjungan blusukan yang dipublikasikan (pemeriksaan mendadak) dan memperbaiki birokrasi kota, mengurangi korupsi dalam prosesnya. Dia juga memperkenalkan program-program akhir tahun untuk meningkatkan kualitas hidup di kota, termasuk perawatan kesehatan universal, pengerukan sungai utama kota untuk mengurangi banjir, dan meresmikan pembangunan sistem kereta bawah tanah kota.

Terlihat sebagai bintang baru dalam politik Indonesia, PDI-P menominasikan Jokowi untuk pemilihan presiden 2014. Memenangkan mayoritas suara populer, dia terpilih sebagai presiden terpilih pada 22 Juli 2014, untuk protes keras dari lawannya, Prabowo Subianto, yang membantah hasil dan mengundurkan diri dari perlombaan sebelum penghitungan selesai. Sebagai presiden, Jokowi terutama berfokus pada infrastruktur, memperkenalkan atau memulai kembali program lama yang tertunda untuk membangun jalan raya, kereta api berkecepatan tinggi, bandara, dan fasilitas lainnya untuk meningkatkan konektivitas di kepulauan Indonesia. Pada kebijakan luar negeri, pemerintahannya telah menempatkan penekanan pada "melindungi kedaulatan Indonesia", dengan tenggelamnya kapal nelayan asing ilegal dan hukuman mati bagi penyelundup obat bius, meskipun ada tekanan kuat dari kekuatan asing termasuk Australia dan Perancis. Setelah 4 tahun di kantor, peringkat persetujuan Jokowi tetap tinggi, Dia akan mengikuti kembali pemilihan presiden pada 2019.

Pada tanggal 9 Agustus, dalam sebuah langkah mengejutkan, Jokowi mengumumkan bahwa Ma'ruf Amin akan menjadi pasangannya. Mahfud telah mempersiapkan dirinya untuk menjadi calon wakil presiden Jokowi tetapi, setelah didorong oleh beberapa partai konstituen koalisi pemerintahan dan tokoh-tokoh Islam berpengaruh, Ma'ruf dipilih sebagai gantinya. Menjelaskan keputusannya, Jokowi merujuk pada pengalaman ekstensif Ma'ruf dalam urusan pemerintahan dan agama.

Biodata

Nama Lengkap : Joko Widodo
Tempat tanggal lahir : Málaga, Spanyol, 25 Oktober 1881

Pasangan: Iriana (istri)

Anak

- Gibran Rakabuming Raka
- Kahiyang Ayu
- Kaesang Pangarep

Orang tua

Noto Mihardjo
Sudjiatmi

Jabatan: Presiden Indonesia ke-7
Alma mater: Universitas Gadjah Mada
Pekerjaan: Pengusaha, Politikus
Partai politik: PDI Perjuangan

Karir

Wali Kota Surakarta ke-16, Masa jabatan 28 Juli 2005 – 1 Oktober 2012
Gubernur DKI Jakarta ke-14, Masa jabatan 15 Oktober 2012 – 16 Oktober 2014
Presiden Indonesia ke-7, Mulai menjabat 20 Oktober 2014

Penghargaan

- Terpilih menjadi salah satu dari "10 Tokoh 2008" oleh majalah tempo.
- Penghargaan internasional dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea).
- Bintang Jasa Utama untuk prestasinya sebagai kepala daerah mengabdikan diri kepada rakyat (12 Agustus 2011).
- Wali kota terbaik ke 3 di dunia atas keberhasilannya dalam memimpin Surakarta sebagai kota seni dan budaya, kota paling bersih dari korupsi, serta kota yang paling baik penataannya (Januari 2013).
- Penghargaan atas keberaniannya melaporkan berbagai barang gratifikasi yang diterima oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
- Marketer of The Year 2012 oleh Markplus Conference 2013, Marketing: Into Innovation and Technology.

Tags: #Biografi Joko Widodo #joko widodo