Dafar nama masakan melayu yang terkenal

19 views

Hampir setiap santapan Melayu disajikan dengan nasi, yang juga merupakan makanan pokok beberapa negara asia lainnya. Meski ada berbagai jenis hidangan dalam makanan Melayu, semuanya disajikan sekaligus. Makanan dimakan dengan jari tangan kanan, tidak pernah dengan kiri dan orang Melayu jarang menggunakan peralatan.

Masakan melayu

Masakan melayu

Nama masakan melayu

Pekasam - istilah bahasa Melayu untuk makanan fermentasi. Dalam masakan Melayu, pekasam biasanya mengacu pada ikan air tawar yang difermentasi dengan garam, gula aren, butiran nasi panggang dan potongan asam gelugur. Membuat pekasam adalah tradisi di negara bagian utara Semenanjung Malaysia, serta Pantai Timurnya. resep ikan pekasam telah kami sajikan di bagian lain akcaya.com

Nasi lemak - nasi dikukus dengan santan

Nasi berlauk - nasi biasa disajikan dengan berbagai macam masakan

Nasi minyak - nasi yang dibumbui dengan bumbu kering dan ghee kering, biasanya disajikan dengan rendang. Sesuai namanya, itu ada di sisi mentega dan kaya (minyak berarti minyak). Variasi nasi minyak yang dicelup dalam berbagai warna disebut nasi hujan panas.

Nasi paprik - berasal dari Thailand selatan, nasi dengan lauk, biasanya ayam.

Nasi goreng - nasi goreng. Nasi goreng kampung adalah varian yang khas, yang dibumbui tradisional dengan ikan goreng yang ditumbuk (biasanya makarel), meskipun ikan teri goreng baru-baru ini digunakan untuk menggantikannya. Nasi goreng teri Medan (nasi goreng teri nasi Medan), adalah spesialisasi Melayu Deli Sumatera Utara.

Kari - adaptasi bahasa Melayu dari masakan kari. Sama seperti gulai, bisa dibuat dari berbagai bahan; Daging atau sayuran Yang populer adalah kari ayam (kari ayam).

Ikan bakar - bakar ikan dengan cabe, kunyit (kunyit) atau saus bumbu lainnya.

Ikan pari - ikan pari bakar

Ikan patin - Lele besar dimasak dengan berbagai cara seperti gulai dan asam pedas, keistimewaan Riau, Sumatera dan Pahang.

Nasi Dagang - Nasi Lemak dari pantai timur Semenanjung Malaysia, banyak ditemukan di negara bagian Terengganu dan Kelantan.

Nasi kerabu - sejenis nasi yang berwarna biru (dicelup oleh bunga Clitoria ternatea), berasal dari kelantan.

Ayam percik - ayam bakar dengan saus pedas.

Ayam goreng kunyit - ayam goreng dalam, direndam dalam bumbu kunyit dan bumbu lainnya.

Gulai - sejenis hidangan kari seperti pekat yang bisa dibuat dari berbagai bahan; Daging, ikan atau sayuran. Yang populer adalah gulai kambing (kambing atau kambing gulai) dan Gulai Ayam (ayam gulai). Gulai ketam (kepiting gulai) adalah keistimewaan Deli Melayu, Medan, Sumatera Utara.

Ikan asam pedas - Rebusan asam ikan (biasanya makarel), asam asam, cabai, tomat, okra dan ketumbar Vietnam (daun kesum).

Kangkung belacan adalah bayam air goreng-digoreng dengan pasta udang (belacan) dan cabe rawit. Berbagai barang lainnya dimasak dengan cara ini, termasuk petai (yang cukup pahit saat dimakan mentah; beberapa generasi tua Melayu masih mengonsumsinya) dan kacang panjang.

Lemang - nasi ketan dan santan dimasak di atas batang bambu yang dilubangi dengan daun pisang.
Mee rebus - hidangan mie yang terkenal yang terdiri dari mee dan telur disajikan dengan saus pedas, pedas dan ubi jalar. Terkadang juga disebut mie Jawa, mungkin karena kesamaan dan asal Jawa.

Pulut - Beras ketan adalah sejenis beras Asia yang berasap singkat yang sangat lengket saat dimasak. Ini banyak digunakan pada hari raya sebagai makanan tradisional.

Ketupat - sejenis pangsit nasi ketan yang telah dibungkus kantong daun anyaman dan direbus. Sebagai juru masak nasi, biji-bijian mengembang untuk mengisi kantong dan beras menjadi terkompresi. Cara memasak ini memberi ketupat bentuk dan tekstur khasnya. Biasanya dimakan dengan rendang (sejenis kari sapi kering) atau disajikan sebagai iringan sate atau gado-gado. Ketupat juga secara tradisional dilayani oleh orang Melayu di rumah terbuka pada acara-acara perayaan seperti Idul Fitri (Hari Raya Idul Fitri).

Rendang - rebusan daging pedas yang berasal dari kelompok etnis Minangkabau di Indonesia, [17] dan diadopsi oleh Melayu di seluruh nusantara. Rendang secara tradisional disiapkan oleh masyarakat Melayu selama acara meriah.

Roti jala - Nama ini berasal dari kata Melayu roti ("roti") dan jala ("bersih"). Sendok khusus dengan lubang berlubang lima digunakan untuk membuat roti terlihat seperti jaring ikan. Biasanya dimakan sebagai iringan sajian kari, atau disajikan sebagai manis dengan serawa. Serawa terbuat dari campuran santan rebus, gula merah dan daun pandan.

Sambal belacan - sambal bumbu yang biasa di masakan Indonesia maupun masakan Malaysia. Ini dibuat dengan cabai, bawang merah, bawang putih, tomat rebus, pasta asam, gula kelapa, garam dan belacan (pasta udang).

Tempoyak - kelezatan Melayu yang populer. Ini adalah ekstrak durian yang diawetkan dan disimpan dalam guci. Biasa dimakan dengan cabai dan masakan lainnya.

Ulam - salad tradisional tanaman hias, sayuran hijau dan sayuran yang bisa dimasak atau tidak dimasak. Penyebaran ulam dapat mencakup barang-barang seperti bunga pisang, mentimun, kacang bersayap, daun pegaga, petai, dan kacang panjang. Ulam biasanya dimakan dengan saus pedas seperti sambal belacan.

Sayur lodeh - rebusan sayuran yang dimasak dengan saus santan ringan.

Sup kambing - sup daging kambing yang hangat perlahan direbus dengan ramuan aromatik dan rempah-rempah, dan dihias dengan bawang merah goreng dan ketumbar segar.

Bumbu

Variasi bahan yang digunakan sering digambarkan pedas dan beraroma ramuan rempah-rempah, tumbuh-tumbuhan dan akar. Ramuan segar yang kuat, tajam dan beraroma, rempah-rempah dan bahan-bahan seperti serai (serai), pandan (screwpine), kemangi (sejenis basil), kesum (poligon), buah pala (pala), kunyit (kunyit) dan bunga kantan (Tunas jahe liar), biji sawi (biji sawi) dan halba (fenugreek) sering digunakan.

Beberapa peralatan memasak tradisional Melayu termasuk beberapa jenis penggiling yang disebut lesung batu, batu giling, dan batu boh yang digunakan untuk menyiapkan rempah-rempah. Sayuran dipotong di atas landas (papan kayu); Sementara pengikis kelapa atau kukur niyur sangat diperlukan untuk membuat kari.

Selain persiapan dan metode memasak, nama makanan juga memainkan peran penting dalam terminologi makanan Melayu. Ada banyak sekali nama makanan unik yang dapat ditemukan untuk makanan khas Melayu yang biasanya dinamai sesuai dengan penampilan makanan, cara makanan disiapkan, tempat, orang-orang dan oleh kejadian atau kejadian tertentu.

Beberapa nama makanan Melayu yang terkenal dan unik termasuk buah melaka, lompat tikam, badak berendam, tahi itik, cek mek molek, serabe, beriani gam, cakar ayam, nasi dagang dan masih banyak lagi.

Tags: #Dafar nama masakan melayu yang terkenal #nama masakan melayu