Daftar makanan dan minuman khas pontianak kalimantan barat

Bagi yang berkunjung ke kota Pontianak provinsi kalimantan barat janganlah lupa membeli oleh-oleh makanan ringan khas kalimantan barat. Tentunya saudara dan teman sangat senang mendapat buah tangan spesial dari anda. Bagi penyuka kuliner berupa masakan, rugi rasanya jika tidak mengunjungi tempat favorit dan terkenal seperti restoran dan rumah makan masakan khas melayu pontianak. rasanya enak, lezat dan unik yang membuat anda ketagihan dan ingin kembali lagi.

Selain kota di kota pontianak, makanan dan minuman khas ini sebenarnya banyak ditemukan di daerah lainnya di provinsi kalimantan barat. Makanan dan minuman khas itu merupakan racikan khusus dari suku-suku mayoritas di kalimantan barat seperti dayak, melayu dan Tionghoa. Penasaran seperti apa sih makanan dan minuman khas kota pontianak? yuk lanjut di baca..

1. Bubur pedas / bubor pedas
Bubur pedas adalah hidangan bubur kayu tradisional untuk orang Melayu baik di Sambas, biasanya disajikan pada bulan Ramadhan setelah Muslim mengakhiri puasa mereka pada waktu Iftar. Cukup dikenal di kota pontianak yang memang mayoritas melayu.

bubur pedas sambas

2. Pekasam

Pakasam adalah menu masakan khas dari Suku Melayu, provinsi Kalimantan Barat. Makanan ini adalah produk bahan makanan yang berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya masam. Pekasam banyak di sajikan sebagai makanan khas kota Pontianak. Bahan makanan ini biasanya dibumbui lagi dengan cabai dan gula, sebelum disajikan sebagai lauk-pauk.

3. Air Tahu dan Kembang Tahu
Air Tahu yang biasa juga di sebut dengan Susu Soya, terbuat dari sari kaca kedelai. Air tahu adalah air dimana diambil dari sari kacang kedelai.

4. Sotong Pangkong
Sotong pangkong adalah makanan khas kota pontianak kalimantan barat terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang, setelah dibakar maka cumi ini akan dipukul-pukul menggunakan palu. Kata Sotong berasal dari sutong(bahasa melayu) atau cumi, pangkong juga berasal dari bahasa melayu yang berarti dipukul keras. Disajikan dengan saus cabe dan cuka. ada dua varian umum yaitu rasa ebi dan kacang.Sotong pangkong meramaikan kuliner khas Ramadhan di kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kuliner ini banyak ditemui di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, mulai sore hingga malam hari.

5. Lempok Durian
Lempok Durian merupakan salah satu makanan ringan yang sekilas hampir mirip sekali dengan dodol. Lempok Durian, salah satu jenis makanan wajib bagi kalian penggemar Durian. Lempok durian merupakan makanan yang berasal dari 100% daging durian yang ditambahkan gula sebagai pemanis. Berbeda dengan dodol durian yang menambahkan tepung di dalamnya, lempok durian benar-benar memakai daging durian utuh. Lempok durian pada awalnya dibuat untuk mengantisipasi banjir durian di daerah-daerah sentra penghasil durian. Dengan dibuat dalam bentuk lempok, maka daging durian akan bertahan lebih lama. Rasanya dijamin sangat enak dan manis.
Lempok durian merupakan makanan ringan khas pontianak, selain di kota pontianak sebenarnya lempok durian banyak juga kita temukan di daerah lain di Indonesia misalnya di sumatera.

6. Sambal Goreng Tempoyak
Tapi pernahkah berpikir memakan durian dengan cara berbeda? Pernahkah mendengar durian menjadi bahan olahan sambal? Sambal goreng tempoyak itu jawabannya. Karena bahan utama dari sambal goreng ini adalah berasal dari buah durian. Tempoyak adalah jenis makanan dari bahan dasar buah durian atau duren fermentasi yang dapat diolah menjadi makanan lezat seperti sambal, campuran pais atau pepes ikan. Biasanya di pontianak sambal goreng tempoyak ini paling sering dicampur dengan ikan bilis dan udang kecil.

7. Pindang
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pindang memiliki pengertian “ikan yg digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat tahan lama. Akan tetapi pindang kalimantan barat khususnya kota pontianak ini sedikit unik, menggunakan bahan dasar daging. namanya pindang daging masrani. Masakan olahan daging sapi asal Kalimantan Barat ini diolah dengan bumbu bumbu yang menyegarkan, Rasa dari masakan berkuah pindang daging masrani ini sangat lezat, nikmat disantap dan gurih.

Resep Pindang Daging Masrani yang Nikmat

Resep Pindang Daging Masrani yang Nikmat. Masakan olahan daging sapi asal Kalimantan Barat ini diolah dengan bumbu bumbu yang menyegarakan salah satu kekayaan masakan Indonesia. Rasa dari masakan pindang daging masrani ini sangat lezat, nikmat disantap dan gurih.

8. Lemang
Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras ketan dicampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang dijadikan makanan perayaan oleh suku Dayak yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Bagi suku Melayu, lemang biasa disantap saat hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

9. Ikan asam pedas

Masakan Ikan asam pedas merupakan salah satu makanan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat. Menu makanan yang satu ini biasa disajikan sebagi santapan keluarga, juga sebagai menu andalan di beberapa rumah makan dan restoran yang ada di Pontianak. Saat ini menu ikan asam pedas sudah semakin banyak variasinya, dan tidak hanya berkembang di Pontianak saja, tapi juga di beberapa tempat lainnya di Indonesia. Asam pedas Pontianak menggunakan bahan dasar ikan kakap merah. Sebenarnya selain ikan kakap, beberapa jenis ikan lainnya seperti tongkol atau nila juga bisa digunakan untuk membuat menu asam pedas.

10. Bakcang
Bakcang atau bacang (Hanzi: 肉粽, hanyu pinyin: rouzong) adalah penganan tradisional masyarakat Tionghoa. Kata ‘bakcang’ sendiri berasal dari dialek Hokkian yang lazim dibahasakan di antara suku Tionghoa di Indonesia. Bakcang dibuat dari beras ketan sebagai lapisan luar; daging, jamur, udang kecil, seledri, dan jahe sebagai isi. Ada juga yang menambahkan kuning telur asin. Untuk perasa biasanya ditambahkan sedikit garam, gula, merica, penyedap makanan, kecap, dan sedikit minyak nabati.

11. Bakpao
Bakpao (Hanzi: 肉包, hokkian: bakpao, hanyu pinyin: roubao) merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging. Bakpao dalam bahasa Hakka / Khek yaitu nyukppao / yugppao yang mempunyai arti yang sama yaitu daging berbungkus.