Inilah Ikrar Deklarasi Dukungan Ulama se-Jakarta Barat pada Joko Widodo-Ma’ruf Amin

Ikrar Deklarasi Dukungan Ulama se-Jakarta Barat

Ikrar Deklarasi Dukungan Ulama se-Jakarta Barat di kediaman Ma'ruf Amin

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengadakan pengajian bersama puluhan ulama se-Jakarta Barat di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018). Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf menjelaskan tugas kolektif para ulama adalah menjaga umat, agama dan negara. Lalu ia memberikan contoh organisasi Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi berkumpulnya para ulama. "Makanya ini (menjaga umat, agama, dan negara) tugas berat, karena itu Kiai Hasyim membuat organisasi untuk berjuang berkumpul melakukan pergerakan, namanya NU," tutur Ma'ruf.

Ma'ruf juga menyisipkan pesan agar tak berprasangka buruk kepada Jokowi. Sebab, Ma'ruf mengatakan, Jokowi tak mungkin memperalat kiai dan ulama demi kepentingan politik di Pilpres 2019 mendatang. "Ada yang bilang Ma'ruf Amin hanya alat. Pertama dia merendahkan Pak Jokowi, masak mau memperalat kiai. Kedua, dia merendahkan saya," pungkasnya.

Kepada para ulama Jakarta Barat tersebut Kiai Ma'ruf berpesan, agar tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan perpecahan. Meskipun para ulama tersebut mendukungnya pada pilpres mendatang, Kiai Ma'ruf mengatakan, agar menghindari perbuatan fitnah ataupun hoaks.

Acara yang diisi dengan pengajian dan ceramah subuh ini, Ma'ruf menyampaikan, pentingnya menjaga keragaman serta nilai-nilai kebangsaan dalam menciptakan kerukunan antarbangsa.

Ma'ruf menambahkan, NU sebagai organisasi keagamaan tidak hanya menyebarkan akidah kepada masyarakat. Tetapi juga memberikan perlindungan bagi masyarakat, sebagai bentuk pelayanan kepada umat. "Disamping akidah, NU itu juga cara berpikir, gerakan. Gerakan menjaga, melindungi. Gerakan melakukan perbaikan dan harakah hikmatiyah untuk memberikan pelayanan pada umat," sambungnya.

Perwakilan ulama dan kiai se-Jakarta Barat, KH Fahrul Rozi dalam kesempatam tersebut membacakan isi deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. "Bela ulama, dukung ulama, pilih ulama, bersama 01 Indonesia maju," ujar KH Fahrul saat membacakan isi Ikrar Deklarasi Dukungan Ulama se-Jakarta Barat di kediaman Kiai Ma'ruf.

Inilah Ikrar Deklarasi Dukungan Ulama se-Jakarta Barat pada Joko Widodo-Ma'ruf Amin:

Deklarasi Situbundo 12.

Atas berkat rahmat Allah SWT dengan didorongkan keinginan luhur untuk semakin terwujudnyan Indonesia maju maka kami alim ulama dan keluarga besar Nadhatul Ulama se-Jakarta Barat dengan ini menyampaikan ikrar dan deklarasi Situbondo 12 sebagai berikut:

1. Berhikmat, istikomah untuk menjaga keutuhan negara, persatuan Republik Indonesia dari potensi ancaman asing baik dari dalam maupun luar

2. Berpartisipasi aktif mengamankan dan menjaga pemilu 2019 yang jujur dan adil berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

3. Berperan aktif merawat dan menjaga Bhinneka Tunggal Ika di masyarakat dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan yang berpijak ada semangat ukhuwah islamiyah, wathoniyah dan basyariah.

4. Menjadi garda terdepan untuk mengajak masyarakat memilih pemimpin yang visioner, berintegritas dan berakhlakul karimah mewujudkan cita-cita menjaga agama dan mengelola negara dengan baik.

5. Memberikan dukungan total kepada pasangan capres, cawapres nomor urut 01 yaitu Bapak Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih pasangan terbaik, sinergi umaroh dan ulama pada hari pencoblosan. Bela ulama, dukung ulama, pilih ulama, bersama 01 Indonesia maju.

Tags: #Ma'ruf Amin #Pilpres 2019 #Ulama Jakarta Barat