jadwal pasar terapung (floating market) banjarmasin

60 views

Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan di pulau Kalimantan (atau Kalimantan) dan luasnya sekitar 72 kilometer persegi. Sungai Martapura membelah kota dan menyediakan transportasi air, perdagangan, dan pariwisata. Banjarmasin dijuluki Kota Air atau Kota Air karena terletak beberapa sentimeter di bawah permukaan laut.

Mirip dengan pasar terapung yang lebih terkenal di Bangkok, Thailand, keberadaan pasar terapung sangat banyak bagian dari sejarah kota. Pada 1526 Sultan Suriansyah membangun kerajaan di tepi sungai Kuin dan Barito yang kemudian menjadi kota Banjarmasin. Sebuah pusat perdagangan tradisional secara bertahap berkembang di sepanjang sungai-sungai ini dan Banjarmasin kemudian menjadi rumah bagi dua: pasar terapung di Muara Kuin dan yang lainnya di Lok Baintan di Sungai Martapura - yang terakhir menjadi kurang populer karena lokasinya yang jauh dari kota.

Pasar terapung Muara Kuin adalah pasar tradisional khas di muara Sungai Barito. Ini menawarkan panorama yang menarik bagi banyak pengunjung lokal dan asing di mana orang dapat menyaksikan penjual dan pembeli dalam negosiasi intens pada jukung atau perahu tradisional. Jika Anda ingin menjadi bagian dari pasar, Anda harus berada di sana sebelum matahari terbit.

Karena sebagian besar penjual adalah Muslim, mereka akan memulai aktivitas perdagangan mereka setelah mereka melakukan sholat subuh dan pada jam 7 pagi mereka akan selesai. Ini adalah pemandangan yang indah untuk menyaksikan matahari terbit di antara jukung sementara penjual menawarkan sayuran segar dari area pertanian di sekitarnya di sepanjang Sungai Barito dan aliran airnya. Banyak pengunjung senang melihat komoditas lain yang dipajang di sini seperti berbagai buah segar, ikan, dan barang-barang rumah tangga.

Suasana di pasar terapung unik dan pengunjung dapat melihat jukung besar dan kecil saling berdesak-desakan mencari pembeli sementara ombak datang dan pergi. Pasar terapung tidak memiliki organisasi seperti pasar tradisional di darat, sehingga tidak ada catatan jumlah penjual atau pembeli.

Barter juga merupakan tradisi lama yang berlanjut di sini, suatu bentuk perdagangan yang dapat diterima antara penjual atau penduduk setempat yang disebut bapanduk. Kali berikutnya kunjungan ke Banjarmasin ada di kartu, perjalanan samping ke pasar terapung tidak boleh dilewatkan.

jadwal pasar terapung (floating market) banjarmasin

jadwal pasar terapung (floating market) banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin

Hari Senin minggu
Buka Dari: 05:00 - 09:00

Cara menuju ke sana: Dari hotel, Anda harus naik taksi, becak

Pasar Terapung Lok Baintan

Hari Senin minggu
Buka Dari: 05:00 - 09:00

Cara menuju ke sana: Dari hotel, Anda harus naik taksi, becak

Pasar Terapung Sungai Martapura

Hanya Hari Minggu
Buka Dari: 05: 00-09: 00

Cara menuju ke sana: Dari hotel, Anda memiliki pilihan untuk berjalan atau naik becak, ojek, taksi. Dari hotel belok kiri dan lurus ke jalan Jln Ahmad Yani Road. Di ujung jalan, di dekat jembatan, ambil kanan dan lurus.

Tags: #floating market banjarmasin #jadwal pasar terapung banjarmasin #pasar terapung banjarmasin