Jembatan Kapuas pontianak kalimantan barat

153 views

Mumpung lagi ke Kota Pontianak, mampir yuk ke Jembatan Kapuas Pontianak. Tapi sebelumnya, simak dulu info lengkap soal jembatan yang melintasi sungai kapuas ini. Jembatan kapuas ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian kalimantan barat, khususnya warga kota Pontianak.

jembatan kapuas pontianak

Informasi Jembatan Kapuas Pontianak

Alamat: Jl. Sultan Hamid II, Tj. Hulu, Pontianak Tim., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243
Provinsi: Kalimantan Barat
Perairan: Sungai Kapuas
Selesai dibangun: 1982
Desain: Jembatan Rangka Baja Blada

Jembatan Kapuas I terletak di Kota Pontianak dengan panjang 420 meter dan lebar 6 meter. Jembatan kapuas I ini merupakan penghubung pusat Kota Pontianak dengan beberapa kabupaten lainnya di Kalbar. Jembatan ini dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982.

Jembatan Kapuas II

Jembatan Kapuas II terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, menghubungkan dua wilayah Kecamatan Sungai Raya yang dipisahkan oleh Sungai Kapuas. Pembangunan jembatan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Hamzah Haz pada tahun 2003 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007.

Jembatan Kapuas III

Jembatan Kapuas III saat ini masih dalam tahan perencanaan. Jembatan yang digagas oleh mantan Wali kota Pontianak Buchari Abdurrachman ini rencananya akan menghubungkan Kecamatan Pontianak Barat dengan Kecamatan Pontianak Utara. Karena letaknya pula, jembatan ini direncanakan akan melintasi garis lintang 0 derajat alias Garis Khatulistiwa. Namun karena terkendala pembebasan lahan, Wali kota penerus Buchari, Sutarmidji mengusulkan untuk dibangun di samping Jembatan Kapuas I.

Tags: #Jembatan Kapuas #Jembatan Kapuas kalimantan barat #Jembatan Kapuas pontianak