Jenis dan macam buah pisang

23 views

Sentra lokasi penanaman pisang di Indonesia

Provinsi Jawa Barat menempati tempat teratas produksi pisang dalam negeri dengan luas areal tanam 15,4 ribu ha pada tahun 2003. Pusat produksi pisang di Jawa Barat di antaranya Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Subang, dan Purwakarta. Berikut ini beberapa daerah di tanah air yang merupakan sentra tempat penanaman dan penghasil pisang.
1. Jawa Tengah : Brebes, Demak, Pati, Banyumas, Sidorejo, Kesugihan, Kutosari, Pringsurat, dan Pemalang.
2. Banten : Lebak
3. Jawa Timur : Banyuwangi, Jember, Kediri, dan Malang
4. Bali : Bangli
5. Sumatera Utara : Padangsidempuan, Natal, Samosir, Tarutung, Pematang siantar, Belawan dan Rantau Prapat.
6. Sumatera Barat : Sungyang, Baso dan Pasaman
7. Sumatera Selatan : Tebing Tinggi, Ogan Komering Ilir, Ogn Komering Ulu Selatan dan Baturaja
8. Lampung : Lampung Timur, Lampung Tengah, meliputi Kayu Agung dan Metro, Lampung Selatan meliputi Kalianda.
9. Daerah penghasil pisang lainnya terdapat di seluruh bagian Kalimantan.

pisang

Jenis dan macam buah pisang

Raja (Bulu)

Pisang Raja merupakan jenis pisang unggul yang telah dilepas oleh pemerintah. Kulit buahnya tebal, berwarna kuning, berbintik hitam pada buah yang telah matang. Ukuran buah cukup besar dengan diameter 3,2 cm dan panjang 12-18 cm, daging buah yang telah matang berwarna kuning kemerahan dan bia dimakan terasa legit dan manis dengan aroma harum. Dalam satu tandan terdapat 6-9 sisir dan setiap sisir terdiri atas 14-16 buah. Berat per tandan 12-16 kg.

Pisang Ambong Kuning

Pisang ambon kuning memiliki ukuran buah lebih besar daripada pisang ambon lainnya. Kulit Buah tidak terlalu tebal dengan warna kuning muda. Daging buah yang sudah matang berwarna putih kemerahan. Rasa dagin pulen, manis dan aromanya harum. Dalam satu tandan terdapat 6-9 sisir dan setiap sisir terdiri atas 15-20 buah. Berat per tandan 18-20 kg.

Pisang Barangan

Pisang barangan terdiri dari dua jenis, yaitu pisang barangan yang berwarna kemerahan dan kuning. Pisang barangan yang berwarna kemerahan, dan kuning. Pisang barangan yang berwarna kemerahan memiliki daging buah yang lebih banyak, rasa yang lebih enak dan aroma yang lebih harum daripada pisang barangan berwarna kuning. Dalam satu tandan terdapat 5-12 sisir pisang. Berat per tandan 9-20 kg.

Pisang Mas

Pisang mas berukuran kecil dengan diameter 3-4 cm. Kulit buahnya tipis dan berwarna kuning cerah saat masak. Daging buahnya lunak, rasanya sangat manis, dan aromanya harum. Pisang mas cocok untuk hidangan buah segar. Dalam satu tandan terdapat 5-9 sisir. Satu sisir bisa berisi 18 buah. Berat per tandan 8-12 kg, Salah satu jenis pisang mas yang terkenal adalah pisang mas Kirana.

Pisang Susu ( Raja Sereh)

Buah pisang susu berukuran kecil, hampir sama dengan pisang mas. Kulit buahnya tipis, berwarna kuning dan berbintik hitam. Daging buah putih kekuningan. Rasa buah manis, lunak dan beraroma harum. Dalam satu tandan terdapat sekitar 8 sisir dan setiap sisir terdiri atas 12-16 buah. Berat per tandan 12-16 kg.

Pisang Tanduk

Pisang tanduk berukuran besar dengan panjang lebih dari 20 cm. Kulit buah tebal, berwarna kuning kemerahan dan berbintik hitam. Daging buah yang sudah matang berwarna putih kemerahan. Dalam satu tandan hanya terdapat 1-3 sisir dan setiap sisir terdiri atas 10-15 buah. Berat per tandan 7-10 kg.

Pisang Kepok

Jenis pisang kepok yang lebih dikenal adalah pisang kepok putih dan daun pisang kepok kuning. Daging buah bertekstur agak keras denan aroma yang kurang harum. Kulit buah sangat tebal dan berwarna hijau kekuningan saat buah matang. Rasa pisang kepok kuning lebih enak daripada pisang kepok putih. Satu tandan pisang kepok terdiri atas 10-16 sisir dengan berat per tandan 15-22 kg. Setiap sisir berisi 20 buah.

Tags: #pisang