Macam dan jenis buah durian

22 views

Sentra tempat penanaman berbagai jenis buah durian terdapat di berbagai daerah di Indonesia seperti daerah Sumatera Utara (Sibolga, Prapat, Pematang Siantar, Padang Sidempuan, dan Tarutung), Sumatera Barat (Pasaman, Sijunjung, Tarusan, dan Apur Sembilan), Riau (Bengkalis dan Bangkinang), Sumatera Selatan (Muara Enim, Martapura, dan Lahat), Jambi (Muara Tebo dan Sorolangun), Lampung (Metro dan Kotabumi), Banten (Serang dan Padeglang), Jawa Barat (Bogor, Subang, dan Jampang), Jawa Tengah (Baturade, Jepara, Gombong, Bagelan, Kaligesing, Jumantoro, Jatiporo, Bulukerto, Kejombang, dan Sigaluh), Jawa Timur (Malang Selatan dan singosari), Yogyakarta (Sleman), seluruh daerah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan (Sinjai dan Bulu Umba), Sulawesi Utara (Tondano), Sulawesi Tengah (palu dan Pamona), serta Nusa Tenggara Barat (Keru, Narmada, dan Sedeman).

Macam jenis buah durian

jenis buah durian

Di Indonesia saat ini sudah dilepas lebih dari 50 jenis varietas buah durian bibit unggul dari berbagai daerah, Sehingga banyak pilihan untuk mengembangkan si raja buah ini di berbagai daerah. Jenis varietas durian unggul yang dikembangkan diantaranya Durian sunan, sukun, petruk, sitokong, mas, perwira, bokor, dan sriwig. Biasanya jenis varietas tersebut cukup tahan terhadap hama Tirathaba ruptilinea dan penyakit busuk akar Fusarium sp.

Durian Sunan

Bentuk durian sunan bulat telur terbalik dengan kulit buah berwarna hijau kecoklatan. Daging buah berwarna krem, sangat tebal, rasanya manis, berbau tajam, bertekstur halus, dan berlemak. Produktivitas durian ini mencapai 200-800 buah /pohon. Selain itu, durian sunan tahan terhadap penyakit busuk akar dan penggerek buah. Durian ini berasal dari Gendol, Boyolali. Durian sunan dilepas sebagai jenis varietas ungguil pada tahun 1984.

Durian Sukun

Bentuk buah bulat panjang dengan bobot sekitar 2 kg per buah. Warna kjulit buah kekuningan, sedangkan daging buah berwarna putih kekuningan, berlemak, kering, manis, aromanya harum, dan ukuran bijinya kecil. Produktivitas durian sukun mencapai 100-300 buah per pohon. Durian ini tahan terhadap serangan penyakit busuk akar dan penggerak buah. Kualitas buah durian sukun lebih baik dari durian lain. Durian ini berasal dari Gempolan, Karanganyar. Durian sukun dilepas sebagai jenis varietas unggul pada tahun 1984.

Durian Petruk

Tajuk pohon berbentuk kerucut serta relatif tahan terhadap penyakit busuk akar dan penggerek buah. Bentuk buah bulat telur terbalik, kulit buah tipis dan berwarna hijau kekuningan. Durian petruk agak susah dibelah. Daging buahnya berwarna kuning, tebal, berserat halus, agak lembek, rasanya manis sekali, tetapi aromanya tidak begitu tajam. Jumlah juring lima dengan ukuran biji kecil berbentuk lonjong. Bobot buah 1-2,5 kg dan mampu berproduksi 50-150 buah per pohon. Durian petruk berasal dari jepara dan semarang. Durian ini dilepas sebagai jenis durian unggul pada tahun 1984.

Durian Mas

Bentuk buah lonjong dengan pangkal runcing berwarna kuning kemerahan. Buah durian mas tergolong sulit dibelah. Ketebalan kulit buah sedang dengan jumlan juring lima dan biji 20-35 butir. Daging buahnya tebal, kering, berlemak, teksturnya halus, berwarna menyala,dan aromanya sedang. Durian ini berasal dari Bogor. Durian mas dilepas sebagai jenis varietas unggul pada tahun 1984. Produksi per pohon mencapai 50-200 buah.

Durian Chanee

Bentuk buah bulat panjang dengan duri besar. Berat buah mencapai 4 kg dengan warna kulit hijau. Daging buah berwarna kuning keemasan, manis, tekstur lembut, dan beraroma sedang. Durian ini mulai berproduksi pada umur 4-5 tahun dengan bibit okulasi atau sambung pucuk. Selain itu, chanee mampu beradaptasi di berbagai lingkungan, tetapi tidak tahan terhadap penyakit phytopthora sp.

Durian Monthong

Bentuk buah bervariasi, dari bulat panjang hingga persegi. Bobot buah bisa mencapai 6 kg dengan kulit tebal dan berwarna hijau. Daging buah berwarna kuning keemasan atau krem, daging tebal, rasa legit, aroma harum sedang, dan ukuran biji sangat kecil. Durian ini berasal dari Thailand. Monthong dapat berproduksi pada umur 4-5 tahun. Jumlah buah terbilang cukup banyak. Namun, Tanaman ini tidak tahan terhadap penyakit Phytopthora sp.

Tags: #durian #Durian Chanee #Durian Mas #Durian Monthong #Durian Petruk #Durian Sukun #Durian Sunan #jenis buah durian #Macam buah durian #Macam jenis buah durian