Jenis salak dan ciri-cirinya

248 views

Sentra penanaman salak terdapat di beberapa daerah seperti
1. Jawa Barat (Manonjaya dan Salawu)
2. Jawa Tengah (Banjarnegara, Jekulo, Kedengporak, Ajibarang, Madukoro, Martoyudan dan Magelang)
3. Yogyakarta (Sleman dan Tempel)
4. Jawa Timur (Sacah, Walingi dan Karangsari)
5. Sumatera Utara (Padang Sidempuan)
6. Sulawesi Utara (Sangir Talaud)
7. Sulawesi Selatan (Enkerang)
8. Bali (Karangasem)
9. Nusa Tenggara Barat (Lombok Barat)

salak

Varietas unggul

Hingga saat ini, sudah lebih dari 17 varietas unggul salak nasional yang dilepas, diantaranya varietas pondoh, swaru, enkerang nglumut, balio, gulapasir, padang sidempuan merah, padang sidempuan putih, gading ayu, pangu, sangatta, sibakua, riring, condet 8590, madu, manggala dan salman.

Salak Pandoh

Salak pandoh berasal dari daerah sleman yogyakarta. Salak ini merupakan varietas unggul yang sangat populer. Salah satu keunggulannya adalah rasanya manis, meskipun buahnya masih muda. Buah salak pondoh berbentuk segi tiga atau bulat telur terbalik. Daging buah terdiri dari tiga septa dan berwarna putih kusam agak kekuningan. Ketebalan daging buah 0,8-1,5cm dan teksturnya keras. Dalam setiap buah terdapat 1-3 biji yang keras dan berwarna cokelat kehitaman.

Jumlah buah pertandan sekitar 10-27 buah. Ukuran buah salak pondoh 2,5-7,5 cm dengan berat 30-100 gram/buah. Produktivitas salak ini mencapai 7-10 kg/pohon/tahun. Rasa buah manis, tanpa rasa asam dan sepat, renyah serta harum. Salak pondoh tediri dari beberapa jenis, diantaranya pondoh super, pondoh nglumut, pondoh hitam, pondoh merah-hitam. Jenis yang paling terkenal adalah salak pondoh super yang berukuran paliong besar dan beratnya bisa mencapai 100 gram/buah. Sementara itu jenis yang paling manis adalah salak pondoh nglumut.

Salak bali

Sesuai dengan namanya, salak ini berasal dari bali. Hampir sama dengan salak pondoh sejak buah muda rasanya sudah manis. setelah matang, rasanya manis, renyah dan bertekstur seperti pasir atau disebut masir. Namun, salak bali tiak mengeluarkan aroma seperti salak pondoh. Bentuk buahnya agak lonjong, ukuran sedang, sisiknya halus dan warna kulit buah cokelat kehitaman. Bijinya relatif kecil, tidak menempel di daging buah, sehingga bila digoyang akan mengeluarkan bunyi.

Salak gula pasir

Salak gula pasir merupakan salah satu kultivar dari salak bali. Bentuknya relatif mirip dengan salak bali, tetapi ukurannya lebih kecil. Kulit buah agak sulit dikelupas, daging buahnya berwarna putih kusam dan rasanya renyah. Dalam satu buah berisi satu biji denan satu-dua anakan buah. Ukuran bijinya relatif kecil. Salah satu kelebihan dari salak ini adalah rasanya sangat manis seperti gula pasir. Karena itulah, Dinamakan salak gula pasir.

Salak Padang Sidempuan

Salak ini berasal dari daerah Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bentuk buahnya bulat telur dan bersisi besar. Kulit buahnya berwarna hitam kecoklatan. Ciri khas utama salak ini adalah daging buahnya berwarna kuning denan semburat merah. Rasanya manis bercampur asam. Buah yang sudah tua tidak berasa sepat.

Salak Manonjaya

Salak ini berasal dari Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat. Salak ini juga dapat ditemui di sepanjang pesisir Pantai Utara dari daerah Garut, Jawa Barat. Hingga daerah Cilacap, Jawa Tengah. Kulit buah salah manonjaya terdiri atas susunan sisik yang sangat halus. Kulit buahnya termasuk paling tebal dibandingkan denan varietas salak lainnya.

Tags: #ciri ciri salak #jenis salak #salak