Jokowi menghadiri arena Indonesia Science Expo (ISE) 2018

6 views
Jokowi menghadiri arena Indonesia Science Expo (ISE) 2018

Jokowi menghadiri arena Indonesia Science Expo (ISE) 2018

Di dunia yang begitu maju saat ini, semua ketidakmungkinan dan keterbatasan bisa diterobos oleh ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi. Contohnya, Belanda. Siapa yang menyangka negara yang wilayahnya sempit ini bisa menjadi pengekspor pangan terbesar kedua di dunia?

Presiden Jokowi menyampaikan "perkembangan teknologi juga diiringi tantangan baru dalam hal moralitas kemasyarakatan. Misalnya, munculnya media tanpa redaksi yang membuat setiap warga bisa menjadi pewarta dan dapat memberitakan apapun, terlepas benar atau tidaknya suatu informasi" ketika menghadiri arena Indonesia Science Expo (ISE) 2018 di Tangerang Selatan (02/08/2018).

Menghadapi fenomena ini regulasi pemerintah tidaklah cukup. Tidak semuanya bisa dipagari oleh peraturan dan regulasi. Yang dibutuhkan sekarang adalah standar moralitas yang semakin tinggi berbarengan dengan penggunaan teknologi itu. Di sinilah lembaga penelitian berperan menjadi bagian dari ekosistem pembangunan nasional yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Lembaga-lembaga penelitian perlu bekerja sama dengan pemerintah, lembaga pendidikan, industri, dan mitra strategis lainnya.

Tags: #joko widodo #jokowi #presiden joko widodo #presiden jokowi