Kedai coliek sambas, ayam geprek dan sambalnya enak

11 views

kedai coliek sambas

Jika anda berada di sambas dan ingin mencari tempat makan yang enak, bisa berkunjung ke warung coliek. Ada berbagai menu makanan yang di jual di sini, seperti ayam goreng geprek, nasi goreng kampung, nasi goreng kampung petai dan yang paling istimewa menurut saya adalah goreng ayam gepreknya. Ayamnya di goreng dengan baluran tepung. Tepungnya tidak terlalu tebal, tapi gurih. Ayamnya juga lembut, enak banget kalau di makan masih panas. Tapi hati-hati melepuh lho.. hehe

Ayam goreng pak coliek merupakan salah satu menu yang paling saya sukai. Bukan hanya ayam gurihnya yang enak, tapi juga sambalnya termasuk istimewa. Sambalnya pedas tapi tidak terlalu pedas. Ini yang membuat saya ketagihan. Karena sambal ini jika di makan, walaupun pedas tidak bikin anda banyak minum es hanya untuk menghilangkan rasa pedas. Di situ letak kenikmatan yang membuat saya serasa ingin mengulang memesan ayam goreng coliek. Sambalnya berbeda dengan sambal ayam lamongan yang jarang sekali pedas. Kalau di lukiskan dengan kalimat, sambal ayam ini ada beberapa rasa yaitu pedas, manis, asam dan asinnya pas mantep!! asam mungkin dari tomat dan sedikit manis. Karena saya kenal dengan pemiliknya, saya dapat sambalnya banyak.. hahaha

Selain ayam dan sambal, tambahan lalapan juga disediakan. Ada sayur timun, kol (sudah di goreng), tidak ada kacang panjang seperti kalau anda membeli lalapan di pecel lamongan. Tapi ada sayur pengganti yang paling saya suka di bandingkan kacang panjang. Yaitu kacang okra atau yang biasa di sebut dengan kacang lendir. Kacang okra selain enak, juga baik untuk kesehatan. Bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Belum pernah saya menemukan lalapan ayam goreng pakai kacang okra ini. Setelah mencoba lalapan ini, saya ketagihan pergi ke sana. Bisa di katakan warung coliek merupakan tempat makan paling enak di sambas.

ayam geprek, lalap dan sambal coliek

ayam geprek, lalap dan sambal coliek

Lokasi

Kota Sambas adalah ibu kota kabupaten sambas yang termasuk dalam provinsi kalimantan barat. selain di kenal logat melayunya yang unik, sambas juga di kenal dengan kulinernya. Anda mungkin pernah mendengar tentang bubur pedas, makanan ini adalah salah satu makanan khas kota sambas. Warung coliek bisa anda temukan mudah di seberang hotel terigas sambas. Makan disana juga suasananya enak, apalagi dengan diiringi suara musik perlahan dan pernyata pemiliknya menyukai musik malaysia.

Artikel terkait:

Baca: Resep bubur pedas sambas makanan khas kalimantan barat

Menurut pemiliknya nama kedai makan ini di ambil dari nama gaulnya waktu masih remaja yaitu coliet. Kedai ini juga hanya buka di malam hari, kalau pagi menurut pak coliek adik iparnya yang jualan. Anda mungkin tidak menyangka walaupun sudah berumur mendekati kepala lima, penampilan pak coliet ini masih keren. Terlihat dari rambutnya yang di semir pirang.

pak coliek

Harga

Untuk ayam goreng pak coliek ini, tidak perlu khawatir. walaupun rasanya mantap, tapi harganya murah alias terjangkau. Untuk satu porsi ayam+lalapan+nasi anda hanya membayar 22 ribu rupiah. Ini termasuk murah di bandingkan ayam daerah lain yang sudah pernah saya cicipi. rasanya paling enak. terutama sambalnya. Dengan harga tersebut anda sudah mendapatkan ayam porsi besar, bisa memilih dada atau paha sesuai selera.

menu kedai coliek sambas

Review dan ulasan

Untuk review dan ulasan ayam goreng coliek, tidak hanya berdasarkan pengalaman pribadi, tapi juga berdasarkan pengalaman orang lain. Tapi tentu saja, tidak semua. paling hanya beberapa pengunjung saja. Pada saat kesana, saya menanyakan ke beberapa warga sambas yang kebetulan juga lagi menikmati santapan di warung pak coliek. Seperti misalnya ibu yuli yang kebetulan kesana dengan keponakannya, mengatakan dengan logat sambas yang kental "saye suke lalu makan ayam pak coliek, rangup, padas, kak ye murah". Kalau di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia seperti ini, "saya suka sekali makan ayam pak coliek, krispi, pedas dan murah". Saya juga menanyakan kepada keponakannya yang bernama azka, anak kecil itu dengan polosnya mengatakan dalam logat sambas, "Sadap ayamnye tapi dak an pakai sambal. ndak tahan padas makan ayam tolen ngan nasek". Kalau dalam bahasa indonesia "ayamnya sedap (enak), tidak pakai sambal tidak tahan pedas. Hanya makan ayam saja dengan nasi". Warga lain sempat saya tanyakan, salah satunya farida, Menurut cewek yang manis ini, mengatakan sependapat dengan saya. Dia mengatakan menyukai ayam goreng ini terutama sambalnya yang luar biasa.

Demikianlah informasi tentang salah satu kuliner sambas yang enak dan harganya murah yaitu ayam goreng coliek. Jangan lupa di bagikan dan share kepada siapa saja yang anda kenal tentang artikel ini. Semoga artikel tentang tempat makan di sambas ini bermanfaat bagi kita semua.

Tags: #kedai coliek #kuliner sambas #tempat makan enak di sambas