Macam macam jenis buah jambu biji

51 views

Sentra tempat penanaman jambu biji di pulau jawa meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sementara itu, sentra produksi lain di luar Pulau Jawa antara lain di Sumatera dan Kalimantan. Pada tahun-tahun terakhir ini, jambu biji telah berkembang dan kemudian muncul jambu bangkok yang dibudayakan di Depok, Bekasi, Kabupaten Karawang dan Jawa Barat.

jambu biji

Macam macam jenis buah jambu biji

Macam macam jenis buah jambu biji

Jambu Merah Getas

Jambu biji merah getas merupakan hasil persilangan antara jambu biji bangkok dan jambu biji pasar minggu yang daging buahnya berwarna merah. Hasil silangan ini memiliki sifat unggul dibandingkan dengan kedua induknya. Keistimewaan jambu ini diantaranya ukuran buah besar, daging buah tebal, teksturnya lunak, bijinya sedikit, rasanya manis dan aromanya harum. Produktivitas jambu biji ini tergolong tinggi, mengikuti produktivitas induknya, jambu biji bangkok dan terus berbuah tanpa mengenal musim.

Jambu Biji Palembang

Jambu biji palembang merupakan hasil silangan antara hjambu biji bangkok dan jambu biji australia. Disebut jambu biji palembang karena penyilangannya dilakukan di Palembang. Umumnya, Masyarakat menyebut jambu biji ini sebagai jambu harum manis karena rasa dan aromanya memang seperti itu. Ukuran buah tergolong besar dengan daging buah yang agak tebal. Tekstur daging buahnya lunak, manis dan harum. Jambu silangan ini tergolong jenis yang berbiji sedikit.

Jambu Biji Sukun

Jambu biji sukun dapat diunggulkan karena tidak memiliki biji. Jika ada, hanya 2-3 biji. Daging buahnya berwarna putih kekuningan dengan rasa manis agak asam. Tekstur daging buah agak keras, renyah dan wangi. Bentuk buahnya mirip apel, dengan ukuran panjang 4-5 cm. Jika matang, kulit buahnya berwarna hijau keputihan. Jambu biji sukun berproduksi sepanjang tahun meskipun relatif sedikit. Namun, Jenis jambu ini relatif tahan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga jarang rontok atau busuk di pohon.

Jambu Biji Sari

Jambu biji sari termasuk jenis jambu biji bangkok. Namun, ukuran jambu biji sari lebih kecil daripada jambu biji bangkok. Diameter buahnya sekitar 10 cm dengan berat 600 - 1000 gram. Bentuk buah bulat sempurna. Kulit buah licin, mengkilap dan berwarna kekuningan saat matang. Daging buah tebal, bertekstur halus, berwarna putih, rasanya manis, harum dan empuk tidak berserat. Selain itu, Jambu biji sari memiliki keanehan, yakni ukuran buah sebelum matang besar, tetapi matang ukurannya mengecil.

Jambu Biji Pasar Minggu

Jambu biji pasar minggu tergolong jenis lokal. Jambu biji ini memiliki dua varian, yakni berdaging buah putih dan merah. Jambu biji yang berdaging putih dikenal sebagai jambu susu putih, lebih digemari karena rasanya manis, daging buahnya agak tebal, dan teksturnya lembut. Selain itu, Jambu yang berdaging buah merah kurang disukai, karena buahnya cepat busuk dan rasanya kjurang manis. Secara umum, jambu biji pasar minggu memiliki kulit buah tipis dan berwarna hijau kekuningan saat matang. Bentuk buah agak lonjong dengan bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing.

Tags: #buah unggul #Jambu Biji Palembang #Jambu Biji Pasar Minggu #Jambu Biji Sari #Jambu Biji Sukun #Jambu Merah Getas #macam macam jambu biji