Manfaat buah semangka dan jenisnya

25 views

Manfaat tanaman dan buah semangka

Buah semangka merupakan buah pelepas dahaga yang mengandung gizi di antaranya kalori, protein, lemak, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalsium, besi fosfor dan sejumlah asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain dikonsumsi dalam bentuk buah segar, semangka juga dimanfaatkan sebagai bahan sayuran (buah muda) dan bijinya dijadikan kuaci.

Jenis semangka

Dalam pengobatan tradisional, buah, kulit dan biji semangka berkhasiat untuk mengobati darah tinggi, impotensi, hepatitis, migren, kencing manis, heatstroke, demam, sembelit, sariawan, sakit tenggorokan, mencegah kerontokan rambut, obat cacing, meningkatkan kesuburan pria, menghilangkan noda dan flek di wajah, menghilangkan kerutan, kulit kasar dan luka bakar.

Semangka merupakan tanaman semusim yang berasal dari afrika. Tanaman yang tumbuh merambat ini berkembang ke daerah Timur tengah dan Cina. Selanjutnya, semangka tersebar ke seluruh dunia. Di Indonesia dikenal dua jenis semangka, yaitu semangka lokal dan semangka hibrida. Umumnya, daging buah semangka berwarna merah atau kuning. Beberapa varietas buah unggul semangka sudah dikembangkan oleh petani Indonesia.

Sentra tempat penanaman semangka di Indonesia

Di Indonesia semangka dikembangkan secara komersial terutama di daerah Ogan Komering (Sumatera Selatan), Indramayu, Cirebon, Madiun, Klaten, Madura, Lumajang, Jombang dan Lombok.

Jenis varietas semangka

Hingga saat ini sudah 60 varietas hibrida semangka unggul yang dilepas oleh menteri pertanian sejak tahun 1997. Hal ini menunjukkan bahwa agrobisnis semangka sangat menjanjikan.

1. Varietas jenis sengkaling

Varietas ini berasal dari daerah daerah Sengkaling, Malang, Jawa Timur. Semangka ini sering dijuluki semangka lokal. Bentuk buahnya oval dengan berat buah 3-5 kg. Warna kulit buah hijau muda dan bergaris hijau tuatipis memanjang. Daging buahnya berwarna merah cerah, rasanya manis dan berbiji banyak. Biji semangka ini dapat ditanam kemabli dan menghasilkan buah dengan kualitas sama karena bersifat open polinated.

2. Varietas Bojonegoro

Semangka jenis ini berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Kulit buah semangka ini berwarna hijau tua dan bergaris. Daging buahnya berwarna merah jingga, tetapi rasanya kurang manis dibandingkan dengan semangka lainnya. Bijinya sangat banyak, berkulit tipis dan berdaging tebal, sehingga sering digunakan untuk pembuatan kuaci.

3. Varietas Sweet Beauty

Semangka berjenis sweet beauty merupakan semangka hibrida unggulan yang diproduksi oleh Known You Seed. Bentuk buahnya bulat memanjang (oblong), berat 3-4 kg. Kulit sweet beauty berwarna hijau muda, tebal, dengan belang atau loreng hijau tua yang memanjang. Daging buahnya berwarna merah, rasanya manis dan kandungan gula 12-14%. Sweet beauty dipanen pada umur 80-85 hari sejak ditanam di lahan. Karena kulitnya tebal, semangka ini tahan dalam penyimpanan dan pengangkutan.

4. Varietas Golden Crown

Semangka Golden Crown diproduksi oleh Known You Seed. Kulitnya berwarna kuning cerah keemasan, sehingga dinamakan golden crown. Daging buahnya berwarna merah dengan kandungan gula sekitar 12%. Biji semangka ini berukuran kecil.

5. Varietas Quality

Semangka quality merupakan varietas unggul tanpa biji yang banyak digemari konsumen. Bentuk buah bulat, berat mencapai 7,5 kg. Kulit buah semangka ini berwarna hijau tua. Daging buahnya berwarna merahh serta rasanya sangat manis dan renyah. Semangka quality juga tahan terhadap penyimpanan dan pengiriman jarah jauh karena kulitnya tebal.

6. Varietas Farmer Giant

Semangka varietas jenis ini memiliki ukuran yang besar dan beratnya bisa mencapai 12 kg. Bentuk buahnya oblong serta kulit buahnya tebal dan keras, sehingga memungkinkan untuk dikirim ke luar daerah. Daging buahnya berwarna merah menyala, rasanya manis dan renyah. Semangka farmer giant juga relatif tahan terhadap serangan CMV.

7. Varietas Yellow Baby

Semangka ini berasal dari Amerika. Bentuk buahnya oval dengan diameter sekitar 15 cm dan berat sekitar 4 kg. Kulit buahnya berwarna hijau gelap. Daging buahnya berwarna kuning, rasanya manis, dan renyah.

Tags: #buah unggul #jenis buah semangka #Manfaat buah semangka #varietas semangka