Manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan efek samping

43 views

Daun pegagan terkenal dapat meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah dan kolagen dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi sekaligus mencegah pembengkakan.

Apa itu tanaman pegagan?

Nama lain daun Pegagan adalah Centella Asiatica, merupakan salah satu bahan ramuan yang digunakan dalam tradisi Tai-Chi untuk umur panjang. Tanaman itu sendiri bisa menyerap logam berat dari tanah. Dengan demikian, memastikan sumber makanan yang Anda konsumsi bersifat organik, atau setidaknya tidak mengandung logam berat berbahaya, itu penting. Tembaga terakumulasi di akarnya; Mangan dan timbal menumpuk di daun.

Daun pegagan

Daun pegagan

Tidak hanya daun pegagan meningkatkan potensi THC, kafein, dan hormon seks, ia menurunkan peradangan, memperbaiki ingatan jangka panjang, dan meningkatkan penyembuhan.

Daun pegagan tumbuh dimana?

Daun pegagan tumbuh subur di tanah bumi pertiwi indonesia ini, Anda dapat dengan mudah menemukannya disekitar pekarangan rumah atau kebun.

Manfaat Kesehatan daun pegagan

1. Daun pegagan mencegah dan mengobati Herpes

daun pegagan membantu membersihkan herpes dengan menghambat virus herpes (HSV-1 dan HSV-2). Efeknya lebih kuat bila dikombinasikan dengan buah mangga.

2. Daun pegagan Mengurangi Peradangan

Asam Asiatic dan asam madecassic, ditemukan di daun pegagan, menghambat IL-1 beta, IL-6, dan TNF-alpha (serta menghambat iNOS dan COX-2) pada sel yang terinfeksi bakteri. Dengan demikian, mencegah terjadinya syok dari infeksi dan peningkatan pembekuan, yang berguna untuk luka yang terinfeksi.

3. Daun pegagan Dapat Menyembuhkan Luka dan Selulit

Terjadi peningkatan kekuatan kulit dan kolagen kulit yang menpercepat sel kulit dari kerusakan akibat luka. Untuk wajah tentunya sangat bermanfaat karena dapat menghaluskan bekas luka akibat jerawat dan kerusakan kulit lainnya. Asam Asiatik, pada daun pegagan, meningkatkan produksi kolagen, yang selanjutnya memberi manfaat penyembuhan luka. Hasil yang sama telah ditemukan untuk daun pegagan dalam hal memperbaiki penyembuhan luka bakar. Khasiat daun pegagan lainnya yaitu mampu mengobati dan menghilangkan bekas luka, radang (flebitis dan selulit), dan kusta

4. Daun pegagan mencegah dan mengobati Alzheimer

daun pegagan mencegah kematian sel saraf pada model tabung reaksi Alzheimer dengan mengurangi efek negatif beta amyloid.

5. Daun pegagan Mencegah Rambut Rontok

daun pegagan meningkatkan pertumbuhan rambut, lebih baik bila dikombinasikan dengan lidah buaya. Daun pegagan juga menurunkan radikal bebas dan stres yang bisa menjadi faktor penyebab rambut anda rontok.

6. Daun pegagan mengatasi gangguan susah tidur

daun pegagan menurunkan versi kortisol (kortikosteron) mereka dan meningkatkan serotonin, dopamin, dan norepinephrine. Kortisol yang lebih rendah meningkatkan memori jangka panjang dan menurunkan agresi bermanfaat untuk gangguan susah tidur.

7. Daun pegagan Mengobati Bisul

daun pegagan meningkatkan penyembuhan sel dan mengurangi borok/koreng.

8. Daun pegagan Mencegah Trombosis

Sebuah komponen dalam daun pegagan mencegah trombosis dengan menghambat pembekuan darah.

9. Daun pegagan Melindungi Darah

Daun pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen, menyebabkan tekanan darah rendah dan membantu menyembuhkan pembengkakan.

10. Daun pegagan Dapat Membantu Gangguan Mood Seperti Depresi

Dapat mengobati skizofrenia dan depresi.

11. Daun pegagan untuk kesehatan ingatan (otak)

Daun pegagan mampu membuat rasa tenang dan membuat kita tidak mudah terkejut. Daun daun pegagan meningkatkan protein pengikat elemen respon cAMP (CREB). CREB meningkat dengan antidepresan dan terlibat dalam pembentukan ingatan jangka panjang (otak). Bagi anda yang suka pelupa dan pikun tentunya manfaat daun pegagan ini dapat membantu memulihkan dan memperkuat ingatan anda kembali.

12. Daun pegagan Mencegah Kerusakan Radikal Bebas

Fenol dalam daun pegagan memberi manfaat antioksidan dan anti tumor pada sel tubuh.

13. Daun pegagan membunuh kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor

Dikenal sebagai antiproliferatif, daun pegagan memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel tumor manusia.

14. Bermanfaat untuk menghilangkan jerawat

Dengan kandungan Asam Asiatic dan asam madecassic yang terdapat pada daun pegagan, kerusakan pada bakteri penyebab jerawat dapat dicegah dan sekaligus mengobati jerawat yang membandel pada wajah.

Selain manfaat tersebut diatas pegagan dipercaya mampu untuk meningkatkan kesuburan walaupun harus dibuktikan secara klinis dan medis.

Kandungan daun pegagan

- Alpha-humulene,
- Germacrene B / D,
- Beta caryophyllene,
- Centellin,
- Sceffoleoside A,
- Asam asiatik,
- Asam madecassic (asam brahmic),
- Asiaticin,
- Cenetellicin
- Centellasaponin A, B, C, dan D,
- Madecassoside (brahminosida),
- Asiaticoside A, B, C, D, E dan F,
- Asam isotankunat,

Efek Samping daun pegagan

Beberapa orang melaporkan timbulnya rasa gatal pada kulit atau terbakar dari krim daun pegagan, atau tekanan darah rendah, sakit kepala, mual, pusing, dan kantuk dengan teh atau ramuan daun pegagan yang terlalu banyak.

Pentingnya memeriksakan ke dokter

Jika terjadi efek samping seperti rasa gatal atau panas terbakar pada kulit, naiknya tekanan darah, sakit kepala, pusing dan mual. Penting bagi anda untuk menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tentunya diagnosa dari dokter lebih akurat apakah pengobatan anda menggunakan daun pegagan perlu dilanjutkan atau dihentikan.

Tags: #daun pegagan #efek samping daun pegagan #Manfaat daun pegagan #Manfaat daun pegagan untuk kesehatan