Manfaat kelapa dan efek sampingnya

28 views

Kelapa merupakan komoditas makanan yang serba guna dan banyak kita gunakan untuk keperluan sehari-hari dalam berbagai bentuk olahan. Selain manfaat yang yang kita dapat kan dari kelapa, tentunya terdapat efek samping yang begitu mengkhawatirkan yang juga akan kita bahas pada artikel ini.

Kelapa kaya akan serat, bergizi dan penuh mineral penting serta vitamin yang banyak di butuhkan tubuh kita. Apakah manfaat buah ajaib yang bernama kelapa ini, yuk kita lihat apa saja itu.

Manfaat air kelapa

Kelapa muda mengandung lebih banyak air dan daging lembut seperti gel sedangkan kelapa matang memiliki daging yang kuat dan sedikit air. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang tertinggi yang dapat menjaga agar tubuh kita tidak kehilangan cairan (terhidrasi). Jika tubuh kita tidak kekurangan cairan tentu saja dapat memperkuat fungsi otot dan saraf. Air kelapa muda memang menyegarkan jika diminum sehabis bekerja keras ataupun berolah raga. Nikmat dan sehat.

buah dan air kelapa

Manfaat daging buah kelapa

Isi atau daging buah kelapa mengandung protein, Vitamin B, dan asam askorbat yang tinggi. Khasiat dari kandungan positif buah kelapa tersebut dapat mengembalikan jaringan oksidatif.

Manfaat Kelapa

1. Mengembali energi dengan cepat akibat kelelahan dan meningkatkan kinerja fisik dan atletik
2. Membantu menjaga rambut dan kulit tetap sehat dan awet muda, mencegah keriput, kulit kendur, bintik-bintik penuaan, dan memberikan perlindungan sinar matahari.
3. Mengurangi risiko kesehatan jantung dan meningkatkan kolesterol baik (HDL)
4. Meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi, vitamin, dan mineral
5. Membantu melindungi dari penyakit ginjal dan infeksi kandung kemih
6. Meningkatkan sekresi insulin dan gejala yang berhubungan dengan diabetes
7. Dapat membantu sistem kekebalan tubuh seperti: anti virus, anti bakteri, anti jamur, dan anti parasit
8. Membantu melindungi tubuh dari kanker akibat pengurangan insulin, menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan penyakit degeneratif
9. Membantu penurunan berat badan
10. Mengembalikan dan melancarkan fungsi tiroid

Efek samping kelapa

Meskipun kelapa memiliki segudang kelebihan khasiat dan manfaat akan tetapi kelapa juga terdapat efek samping yang berbahaya yang harus anda waspadai. Buah kelapa dapat menjadi penyebab penyumbatan arteri, kolesterol tinggi yang dapat beresiko tinggi terhadap penyakit jantung.

Banyak produk kesehatan sekarang ini memanfaatkan kelapa sebagai bahan utama produk mereka seperti misalnya untuk lotion, sabun dan lain sebagainya. Minyak kelapa memang berkhasiat melembabkan kulit kepala, kulit tubuh dan menyehatkan rambut dan sering dipakai oleh orang-orang tua kita dari zaman dahulu.

Pentingnya ke dokter

Tentunya memanfaatkan kelapa sebagai obat tidak ada salahnya, akan tetapi jika terdapat efek samping buruk dan hal-hal yang berakibat fatal pada kesehatan anda, maka anda wajib memeriksakan dan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

 

Tags: #efek samping kelapa #manfaat kelapa