Menu puasa ramadhan yang sehat

21 views

Memasuki Bulan Ramadhan 2018 kali ini, sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik, yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu buka puasa dan menu sahur dalam sebulan kedapan. Bermacam-macam buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Aneka hidangan menu untuk berbuka puasa yang baik sudah tentu adalah makanan yang sehat.

Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa.

Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Menu puasa ramadhan

Menu puasa ramadhan yang sehat

Minuman :

Kolak Pisang

Kreasi kuah kolak yang gurih dan segar meski diolah secara sederhana dan praktis. Kita dapat mengkombinasikan dengan aneka bahan pendamping pisang, seperti kolang-kaling, ubi, nangka, maupun bahan lain sesuai selera bunda.

Es Kopyor

Minuman yang terbuat dari bahan kelapa dengan campuran sirup dan bahan lainnya. Rasanya enak menyegarkan. terkadang dibuat dengan berbagai modifikasi resep.

Makanan :

Urap Sayuran

Cara menyajikan aneka sayuran dengan bumbu urap kelapa kering yang disangrai alias tanpa minyak ini akan membuat menu sayur mayur saat berbuka puasa dan sahur menjadi kian istimewa. Cara membuatnya cukup praktis, sayuran direbus sebentar lalu dicampur dengan bumbu urap yang sebelumnya telah disangrai.

Sayur Asem

Jika sayur lodeh memiliki karakter kuah yang sedap dan gurih, maka sayur asem bercita rasa kuah yang asem dan segar meskipun secara umum bahan-bahan yang digunakan hampir sama.

Sambal kering tempe dan kacang tanah

Begitu juga dengan kering tempe campur teri dan kacang tanah ini, menu favorit ibu-ibu rumah tangga dari zaman dahulu kala yang biasa disimpan dalam toples kaca karena bisa dijadikan stok lauk pauk pendamping nasi.

Tags: #Menu puasa ramadhan #Menu puasa ramadhan yang sehat