pontianak tempo dulu

18 views

Jembatan kapuas pontianak banyak dikaitkan dengan pontianak tempo dulu. Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Keraton pontianak tempo dulu masih terlihat dengan megahnya Keraton Kadariah yang merupakan istana Kesultanan Pontianak yang dibangun pada dari tahun 1771 sampai 1778 masehi. Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri adalah sultan pertama yang mendiami istana tersebut. Keraton ini berada di dekat pusat Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

jembatan kapuas pontianak tempo dulu

Keraton pontianak tempo dulu

Secara historis Keraton Kadariah mulai dibangun pada tahun 1771M dan baru selesai pada tahun 1778M. Tak lama setelah Keraton selesai dibangun Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri di nobatkan sebagai sultan pertama Kesultanan Pontianak. Dalam perkembanganya, keraton ini terus mengalami proses renovasi dan rekonstruksi hingga menjadi bentuk yang sekarang ini.

Keraton pontianak tempo dulu

Asal nama kota pontianak

Sejarah asal nama kota pontianak berawal dari pada cerita tentang hantu yang orang-orang di Kalimantan Barat sebut sebagai Pontianak (hantu wanita ganas dalam bahasa Melayu); itu adalah sarang hantu sampai Syarif Abdurrahman Alkadrie dan Angkatan Daratnya melawan dan mengekstrusi hantu yang menyerang kelompoknya dengan menembakkan bola meriam.

gambar kota pontianak

Pontianak sekarang ini tentunya sudah banyak perubahan dibandingkan pontianak tempo dulu, walau dari segi bangunan sudah banyak ada pemugaran.

gambar kota pontianak

Tags: #asal nama kota pontianak #gambar kota pontianak #keraton pontianak tempo dulu #pontianak tempo dulu