Resep bubur pedas sambas makanan khas kalimantan barat

19 views

Bubur pedas bukan hanya ditemui di sambas kalimantan barat saja akan tetapi juga daerah lain di Indonesia menu masakan ini menjadi makanan sehari-hari atau sebagai lauk pauk. Di daerah lain di Indonesia terutama yang kental dengan masakan suku melayu, makanan bubur pedas ini bisa kita temukan dengan nama yang sama yaitu "bubur pedas". bahkan sudah menjadi makanan khas di daerahnya walau dengan ciri khas rasa yang berbeda, seperti misalnya di kota medan, tanjung balai karimun, melayu deli, jogja dan di daerah pulau tambelan, serasan, tanjung pinang, batam dan daerah pulau tujuh provinsi kepulauan riau.

Kalimantan barat memiliki beragam makanan khas, salah satunya bubur pedas. Pada umumnya antara satu daerah dengan daerah lainnya menggunakan bahan yang sama. Untuk mencicipi masakan ini anda dapat berkunjung ke daerah pontianak, singkawang dan tentunya daerah asalnya yaitu kabupaten sambas. Salah satu ciri khas bubur pedas ini yang membedakan dengan daerah lain di Indonesia yaitu penyebutannya. Anda tidak perlu terkejut jika masyarakat kabupaten sambas menyebut masakan ini bukan bubur pedas akan tetapi  "Bubbor Paddas" perbedaan ini karena pencampuran dialek bahasa melayu sambas. sejarah bubur pedas sambas sendiri sudah ada dari zaman dahulu kala dan tidak diketahui secara pasti, yang jelas dari ciri khas bubur pedas sambas mirip dengan makanan khas melayu.

Di kota pontianak bubur pedas merupakan salah satu makanan khas, bagi anda yang hobi berburu kuliner daerah, anda dapat membelinya di beberapa tempat penjualan bubur pedas yang sudah terkenal seperti bubur pedas pak ngah pontianak. Bagi anda pencinta selera pedas disini anda bisa menikmati bubur super pedas yang telah diolah sesuai selera melayu kalimantan barat.

gambar bubur pedas pak ngah pontianak

Ciri khas bubur pedas sambas adalah tidak adanya campuran mie, berbeda dengan daerah kepulauan riau yang menambahkan mie ke dalam bubur pedasnya. sebenarnya penambahan tetelan jarang sekali ditemukan, akan tetapi pada resep ini kita tambahkan sebagai penyedap rasa. tentu saja ini hanya opsional, sesuai selera anda. Bubur pedas di sambas di jual dengan harga yang terjangkau. dengan Rp. 5000 anda sudah bisa mendapatkan semangkuk bubur pedas dengan cita rasa tinggi. Penasaran dengan resep bubur pedas sambas asli?? ini resepnya.

gambar bubur pedas sambas

gambar bubur pedas sambas

Bahan :

1 kg beras yang telah di bersihkan
400 gram kelapa tua yang telah diparut
6 ikat pakis, yang diambil hanya daun dan pucuknya saja, selanjutnya dipotong tipis
4 buah wortel, dipotong berbentuk dadu
600 gram daging ayam atau bisa tetelan
400 gram ubi jalar, potong dadu
200 gram daun kesum, dipotong tipis
4000 cc air
200gr tauge atau kecambah
200 gr rebung, dipotong tipis
4 ikat kangkung, potong-potong

Bumbu :

4 buah cabai merah, haluskan menggunakan lesung atau blender
4 batang serai, dimemarkan
sesendok teh merica halus
12 butir bawang merah haluskan
8 centimeter lengkuas, selanjutnya dimemarkan
8 lembar daun salam
4 siung bawang putih, haluskan

Bumbu Pelengkap:

Bawang goreng
Sambal cair dari cabe rawit
Perasan Jeruk sambal
Kecap manis secukupnya
200 gram ikan teri yang sudah digoreng
400 gram kacang tanah yang sudah digoreng

cara membuat bubur pedas khas sambas

1. Sangrai beras dengan api sedang sampai berwarna agak kekuning-kuningan, tumbuk halus menggunakan lesung batu atau bisa juga dengan blender
2. kelapa diparut dan di sangrai di kuali, Haluskan
3. Rebus tetelan ataupun ayam dengan wadah terpisah
4. Tambahkan lengkuas, daun salam dan serai yang masih segar, aduk secara merata
5. Tumbuk/blender beras sampai halus, campurkan kedalam bahan ramuan bubur pedas yang telah kita buat. aduk pelan sampai tercampur merata.
6. Tambahkan sayuran seperti daun kesum, kangkung, wortel, ubi jalar, wortel, pakis dan kacang panjang.
7. Masukkan wortel, kacang panjang, kangkung, ubi jalar, pakis dan daun kesum. Aduk-aduk, masak dengan api kecil hingga matang, angkat.
8. Taburkan ikan teri, bawang goreng dan kacang tanah
9. Anda dapat menambahkan perasan jeruk, sambal dan kecap asin ataupun kecap manis sesuai selera.
10. Siap dinikmati selagi hangat

Tags: #bubur pedas sambas #bubur pedas sambas kalimantan barat #cara membuat bubur pedas khas sambas #ciri khas bubur pedas sambas #gambar bubur pedas sambas #makanan khas kalimantan barat bubur pedas sambas #resep bubur pedas sambas #sejarah bubur pedas sambas