Resep cara membuat roti jala paling mudah

34 views

Roti jala selain rasanya yang lezat dan enak juga terlihat enak dipandang karena bentuknya memang unik. pembuatan roti jala sebenarnya sangat mudah dengan bahan-bahan yang sederhana dan tidak sulit dicari. Adonan sederhana telur, santan, dan tepung disiram lingkaran ke dalam panci panas, dimasak dalam hitungan detik dan kemudian dilipat untuk membentuk panekuk kosong dan bersih yang sudut dan celahnya dan lubang yang terbentuk sangat pas untuk di beri kuah kari dan sambal.

Roti jala di indonesia banyak kita temukan, seperti misalnya di sumatera utara. Roti jala merupakan makanan khas melayu sumatera utara. Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kuah kari Melayu. Di Deli makanan ini terkenal disajikan dengan kari kambing dan acar nanas. Menurut budayawan M Muhar Omtatok, roti jala merupakan makanan Melayu yang bisa saja teradaptasi dari unsur India. Roti jala juga terdapat di Kepulauan Riau dengan nama roti kirai (sumber wikipedia).

Dibutuhkan sedikit latihan untuk mendapatkan lingkaran yang bagus. Beberapa tip: jaga agar tangan tetap bergerak terus menerus, atau untaiannya akan terlalu tebal; Jauhkan tangan Anda ke wajan, jangan sampai Anda berakhir dengan terkena api meletup, Dan jangan kembali ke lingkaran pertama ketika anda memulainya.

roti jala atau roti kirai

Bahan :

600 gram tepung terigu
4 sendok makan minyak nabati ringan
Sedikit 1/2 sendok teh kunyit
6 telur ukuran besar
6 ons santan
2 sendok teh garam
4 gelas air, dibagi
Minyak untuk mengoleskan minyak secukupnya

Cara membuat roti jala/kirai

1. Saring tepung, garam dan kunyit menjadi mangkuk pencampur berukuran sedang. Campur santan dan sekitar 2/3 air. Buatlah sumur di tengah bahan kering. Tuang ke dalam campuran santan, telur, 2/3 air, dan minyak. Menggunakan sendok kayu, secara bertahap memasukkan tepung ke dalam cairan untuk membuat adonan halus.

2. Aduk sisa air. Adonan saring melalui saringan halus untuk menghilangkan adonan kasar. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik. Biarkan sebentar paling lama setengah jam menit.

3. Panaskan wajan besi di atas api sedang dan oles sedikit dengan minyak.

4. Aduk adonan Celupkan roti jala ke dalamnya, isi setengah penuh. Bergerak di lingkaran konsentris yang mantap, membentuk renda halus.

5. Setelah roti jala terbentuk, lepaskan dengan menggunakan spatula dan letakkan, di bagian atas menghadap ke bawah, di atas piring. cukup dimasak disatu sisi saja. Lipat ke dalam irisan atau bentuk menjadi gulungan kecil yang apik.

Anda dapat menikmati roti jala ini dengan topping atau selingan kuah kari, atau bisa juga bagi penyuka rasa yang manis dapat mencampurnya dengan kuah durian, kuah mani ataupun coklat.

Tags: #cara membuat roti jala #cara membuat roti kirai #resep roti jala #resep roti kirai