Visi dan Misi MILTON CROSBY – BOYMAN HARUN calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat

pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Milton Crosby-Boyman Harun

PENDAHULUAN

Provinsi Kalimantan Barat merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, terletak dibagian barat Pulau Kalimantan atau diantara garis 2008'LU dan 3002'LS serta 10800”BT dan 114”10”BT pada peta bumi. Berdasarkan letak/goegrafis yang spesifik ini maka daerah Provinsi Kalimantan Barat tepat dilalui oleh garis khatulistiwa (gan's lintang Oo) tepatnya di atas Kota Pontianak. Karena pengaruh letak ini pula maka Provinsi Kalimantan Barat
adalah salah satu daerah tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembapan yang tinggi.

Ciri-ciri spesiflk lainnya adalah bahwa Wilayah Provinsi Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara asing, yaitu dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia Timur. Bahkan dengan posisi ini, maka Provinsi Kalimantan Barat merupakan satu—satunya provinsi di Indonesia yang secara resmi telah mempunyai akses jalan darat untuk masuk dan keluar dari negara asing.

Hal ini dapat terjadi karena antara Provinsi Kalimantan Barat dengan Sarawak telah terbuka jalan darat antar negara dari Pontianak — Entikong — Kuching (Sarawak, Malaysia) sepanjang sekitar 400 km dan dapat ditempuh sekitar enam sampai delapan jam perjalanan.

Batas—batas wilayah Provinsi Kalimantan Barat

a. Utara : Sarawak, Malaysia

b. Selatan : Laut Jawa dan Kalimantan Tengah
0. Timur : Kalimantan Timur

(1. Barat : Laut Natuna dan Selat Karimata

Sebelah utara Provinsi Kalimantan Barat terdapat lima yang langsung berhadapan dengan negara Malaysia yaitu

Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu yang membujur sepanjang Pegunungan Kalingkang-Kapuas Hulu.Luas Wilayah Provinsi Kalimantan Barat 146.807 km2 atau 7 53% dan luas Indonesia atau 1,13 kali luas pulau Jawa. Wilayah ini membentang lurus dari Utara ke Selatan sepanjang lebih dari 600 km dan sekitar 850 km dari Barat ke Timur. Di lihat dari besarnya Wilayah, maka Provinsi Kalimantan Barat termasuk provinsi terbesar keempat di Indonesia. Pertama adalah Provinsi Papua (319.036 km2), kedua adalah Provinsi Kalimantan Timur (204.534 km2)dan ketiga adalah Provinsi Kalimantan Tengah (153.564 km2).

Dilihat darirluas menurut kabupaten /kota, maka luas yang terbesar adalah Kabupaten Ketapang (31.240,74 km2 atau 21,28%) kemudian diikuti Kabupaten Kapuas Hulu (29.842 km2 atau 20,33%), dan Kabupaten Sintang (21.635 km2 atau l4,74%), sedangkan sisanya tersebar pada 11 kabupaten / kota lainnya.

Jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Barat tahun 2014 berdasarkan hasil Proyeksi Penduduk berjumlah sekitar 4,716 juta jiwa, dimana sekitar 2,403 juta jiwa berjenis kelamin laki-laki dan 2,313 juta jiwa adalah perempuan. Luas Wilayah Provinsi Kalimantan Barat sebesar 146.807 Km2 atau lebih besar dari Pulau Jawa, maka kepadatan penduduk Kalimantan Barat baru sekitar 32 Jiwa per kilometer persegi. Kondisi ini tentunya kurang menguntungkan dalam rangka percepatan pembangunan wilayah khususnya menyangkut pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dengan segala potensi dan keragamannya.

VISI

TERWUJUDNYA PROVINSI KALIMANTAN BARAT YANG PRODUKTIF, BERKUALITAS, SEJAHTERA, DEMOKRATIS, RELIGIUS DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

. Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang Produktif

Adalah masyarakat yang kegiatan ekonominya berkembang dengan baik, kreatif dan inovatif yang ditandai dengan meningkatnya kegiatan investasi, tersedianya infrastruktur dasar yang baik dan pengelolaan sumber daya alam yang optimal dengan tetap berpedoman pada pembangunan yang berwawasan lingkungan.

. Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang Berkualitas

Adalah masyarakat yang derajat kesehatan dan tingkat pendidikannya semakin membaik, berakhlak mulia dan memiliki ketahanan budaya.

. Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang Sejahtera

Adalah masyarakat yang kebutuhan primer dan kebutuhan sekundernya terpenuhi, serta hidup dalam lingkungan masyarakat yang aman dan damai.

. Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang Demokratis

Adalah masyarakat yang kehidupannya berasaskan tertib hukum dan sadar politik serta menegakkan supremasi hukum dan HAM, dengan memperhatikan tuntutan dan dinamika masyarakat dalam suasana yang demokratis dan selaras dengan prinsip—prinsip good governance.

. Masyarakat Provinsi Kalimantan Barat yang Religius

Adalah masyarakat yang religius sesuai agama dan kepercayaan masing—masing yang harmoni dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

. Masyarakat Prov. Kalimantan Barat yang Berwawasan Lingkungan
Adalah pembangunan yang dilakukan di Kalimantan Barat harus berpedoman pada tata ruang, yang mengedepankan wawasan lingkungan.

MISI :

- Penataan infrastruktur, yakni menata kembali dan meningkatkan pembangunan infrastruktur berupa pembangunan jalan, jembatan, lapangan terbang, dermaga serta pelabuhan laut.

- Penataan ekonomi, yakni meningkatkan pembangunan ekonomi berupa :

a. Pembangunan ekonomi rakyat berbasis SDA (perkebunan, pertanian serta perikanan)

b. Meningkatkan UMKM (ekonomi kreatif)

c. Investasi (pertambangan, perkebunan, kehutanan perikanan, pariwisata serta jasa keuangan)

d. Industri

e. Pariwisata

- Penataan pemerintahan, dengan mendorong percepatan terbentuknya DOB (Prov. dan Kab /Kota)

- Meningkatkan pembangunan SDM terutama pada bidang pendidikan serta kesehatan.

- Percepatan pembangunan wilayah perbatasan di bidang SDM dan ekonomi.

- Pembangunan bidang agama, dalam mewujudkan masyarakat religius, toleran dan nasionalis.

- Penegakan supremasi hukum di dalam upaya pemberantasan korupsi, kolusi, nepotisme, pungli, narkoba, trafliking serta cyber crime.

- Penataan tata ruang Wilayah yang berwawasan lingkungan dalam melaksanakan pembangunan, yang seimbang antara wilayah pemukiman, kehutanan dan APL.

- Meningkatkan pertahanan keamanan yang dapat berupa memberdayakan hansip /kamra serta ratih.

Sumber : kpu.go.id

Tags: #calon gubernur kalimantan barat #calon wakil gubernur kalimantan barat #pilkada kalbar #pilkada kalimantan barat #Visi dan Misi MILTON CROSBY - BOYMAN HARUN